Minggu, 14 Agustus 2011

mimpi yang (belum) sempurna




“Nanti pas SMP satu sekolah lagi yap..! Aku d SMPN3, kmu juga disna sma aku..setuju kan?”tanyaku ke Fina.
“Setuju! Biar kita bisa ktemu terus tiap hari.hahhahha =).
Aku takut kamu kangen sama aku terus ntar kamu bunuh diri , gara-gara jauh dari aku..huahhhahhhahha” jawab Fina dengan lelucon yang sudah menjadi mkanan wajib harian.nya
Motto hidup Fina tuh : tertawalah selagi kau bisa tertawa untuk menertawakan hal yang bisa membuat tertawa dan sebelum tidak ada hal yang bisa untuk ditertawakan. (haduh..bingung >,< )
Dasar anak aneh ..=P
Walaupun aneh, aku tetep nyaman sahabatan ma dia, bagiku gakda sahabat yang aneh bin ajaib kayak dia ..hhahha..
Di kelas, dia juga pintar dalam pelajaran. Peringkatku dan dia pun tiap semester selalu beda tipis. Eits.. tapi kita gak kerja sama lho ..(gak salah mksudny..hhaaha..tapi emang bener kok,kita gak SELALU kerja sama, tpi pernah ..hwhhwhww)
Fina tuh punya daya imajinasi yang tinggi, walopun kita sekarang masih kelas 2SD.
Yapz.. persahabatan ku ma dia dimulai dari kelas 2SD ini. Berawal dari teman sebangku sampai jadi kayak sejantung..hhahhha..
Dan kami banyak menghabiskan waktu bersama ..

2 tahun kemudian . .
Sekarang aku udah kelas 4 SD. Dan ini hari pertamaku masuk awal tahun pelajaran baru. Yaiyalah. Aku tetep setia buat duduk ma Fina. Seperti biasa.., kita bercanda dan cerita tentang liburan masing-masing. Padahal ada guru lagi nerangin di depan. Dia walikelasku yang baru. Bu Yuli namanya. Kata kakak kelasku, bu Yuli tuh galak. Dari raut mukanya aja udah keliatan, apalagi potongan rambutnya yang super pendek(modelnya kayak kaum adam) membuat sapapun bergidik ngliat dia
Sampai akhirnya . .
Pensilku jatuh dibawah meja. Waktu aku ngmbil pensil..eh, kpalaku mlah kbentur meja (jDuak) . .
Terang aja Fina gak bias nahan ketawanyalah.. mungkin tertawanya terlalu keras sehingga mengundang perhatian bu Yuli.
“Kalo kalian gak bias diem, ibu tending sampek pincang, mau ?” ucap bu Yuli sambil teriak + melotot tajam ke arahku dan Fina. Rasa malu bercampur takut langsung menjulur ke tubuhku and Fina . diam.
Itu yang bisa kulakukan setelah kejadian menakjubkan itu. Baru pertama kali aku di marahi guru sampek kyak gitu..huhuhu..
Seminggu setelah kejadian itu, Fina gak masuk sekolah. Aku and beberapa teman kelasku sepulang sekolah pergi kerumahnya, buat ngliat gmna keadaan dia. Fina sakit. Sepulang sekolah, habis kejadian “menakjubkan” itu dia pingsan begitu sampai dirumah. Dan dia ngerasa pusing terus-terusan ..
Kata Dokter, mungkin waktunya Fina buat pakek kacamata.
“Kapan masuk?”tanyaku sambil tersenyum untuk menutupi kekhawatiranku. “doa.kan saja ya nak Icha”jawab mama Fina. Akupun membalas dengan senyum yang tulus
Sudah 2 bulan Fina gak masuk sekolah.. TT .. kekhawatiranku smakin menggila..
Duh. Masa’ Fina ditendang bu Yuli sehh ?.. gak mungkinlah…sampek 2 bulan gak masuk lagi..
(hDeeh.. pikiran ku bodo banget eo)
Emang konyol seh.. tpi, kan gkda yang gak mngkin. So, smua kmungkinan yang bisa tak pikirin muncuil smua .. …
:tolol mode on:
Oamph…. Ini hari pertama bulan Ramadhan. Harus semangat.
“ching . . .!”ada yang memanggilku dari blakang. Kalodi skolah, aku famous sma nma ‘chacing’. Woyo.. dari namaku,icha.
“ngapain lari** sampek pucet gitu? Puasa gak?ntar haus,kapok!hhehhe”tanyaku ke Ayu yang manggil tadi manggil aku.
“yaiyalah puasa. Tapi bukan itu masalahnya. .”jawab Ayu sambil mengatur nafasnya.
“apa.an ? kok kyaknya pnting banget.” Aku langsung nyolot.
“Fina opname di RS xx**#@! , udah 2 hari yang lalu.”
Magjleb !
Pagi-pagi dapet berita buruk. Bikin badmudt aja. Tauk deh puasaku di terima pagak. Huhhhhh.
Pelajaran hari ini gakda yang msuk sdikitpun ke otakku. Aku kpikiran Fina terus ..
Aku terlalu lebay ya?emang. tpi aku gak peduli. Aku terlalu khawatir.
Teet…teet….
Bel pulang bernyanyi ..
“jadi kan kita njenguk Fina?” tanyaku semangat ’45.
“jadilah..ayo!” jawab ayu smangat ’67. Ayu tuh temen skelasku, dia juga tetangga(jauh) Fina. Sekolahku terletak di depan rumah sakit tempat Fina dirawat. Jadi, kami tinggal menyebrang sekali saja.
Setibanya di pintu masuk . . .
“maav. Adek mau kmana?” tnya seorang satpam.
“kami mau njenguk temen di ruang 12 kamar A,pak”jwabku sdikit takut.
“jam besuk pukul 10.00 dek. Ini masih pukul 08.30. mavv ya adek gak boleh masuk skarang ..”jawab satpam itu sambil mlihat kearah kami semua.
Huft~ okelahkalobegitu. Aku pasrah aja. Walopun sbenernya KECEWA and gak terima. Temen**ku smua nyoba nenangin aku,krna cuma aku yang paling smangat njenguk Fina dan akulah yang paling deket sama Fina.
Setibanya di rumah, aku langsung nangis di hadapan emak ..(ibu mksud e) “heiy,orang puasa gak boleh nangis. Ntar puasanya gak ditrima lho.”ucap ibuku buat nenangin aku.
“tapi,aku pengen ktemu Fina. Aku pgen ngliat keadaannya dia. Aku kangen dia. Aku pgen ngbrol breng dia..”
“ssshht.”ibu memotong pembicaraanku. “ ntar malem kita njenguk Fina bareng**. Jangan nangis lagi dong…senyum ^_^” hibur ibuku.
Akupun berhenti nangis dan memberikan kecupan mesra di pipii wanita terhebat + tercantik di dunia ini,,,muuaachh..hhahha
Aku mrasa sdikit tenang..
“assalamu’alaikum..” salamku ktika memasuki kamar tempat Fina di rawat. “wa’alaikum salam. Eh, Icha…….ayo sini masuk”jawab mama Fina ramah. Aku langsung menghampiri Fina. Dia tampak beda.
Badannya kurus, rambutnya tipis(spertinya rontok) dan (mavv) matanya sedikit juling.
“kamu sakit apa seeh?kangen….hhahha,
eh tau gak. Selama kamu gak masuk,aku dpet tmen baru pindahan dari Jakarta. Namanya Sekar. Nyebelin banget tuh anak. Suka ngibul lagi. Masa’ dia bilang punya jamnya ’Conan’ sama kalungnnya ‘Yugi-oh!’..pkoknya smua omongannya , gak logis smua deh
dan parahnya, si Febri suka ma Sekar. Kamu tau ndiri kan Febrii anaknya kyak gmna..preman terminal..hhahha”cerocosku sebal dan bercanda.
“aku jadi pgen masuk skolah. Pgen tau mukanya Sekar.biar ntar aku kibulin juga tuh anak.aku bilang aku anak siluman monyet biar ntar kalo dia mcem-mcem,aku sihir biar dia jadi monyet.hhahha.”komentar yang konyol.
“Icha,ayo pulang. Fina biar istirahat dulu.”ajak ibuku. Kulihat mata ibuku sembab, mata mama Fina juga.
What Happen?
Bersamaan dengan datangnya seorang gadis(ceile bhasaku hhaaha) yang tangannya dihiasi selang infus. Mukanya pucat,dia nampak kurus. Aku dengar namanya Laras. Dia tetangga kamar Fina. Umurnya 12 tahun(selisih 3tahun denganku), dia mengidap Leukimia..kasian..
“Fin, aku pulang dulu ya. Jangan lupa makan. Banyak** istirahat ..dan 1 lagi.. jangan terlalu mikirin aku…hhehhhe..”cerocosku sebagai salam perpisahan..
Saat di perjalanan pulang, aku memberanikan diri bertanya. . .
“ ibu tadi knapa nangis?jngan bilang kelilipan. Gak masuk akal!”tanyaku sdikit jutek tnpa sebab.
“hhehhe.iyaiya. gini sayang..
Ehm. Fina sakit tumor otak. Umurnya tinggal 4 bulan. Kata Dokter, kalo Fina mau sembuh,dia harus operasi di Singapura. Biayanya 100juta, cint” raut muka ibuku berubah jadi serius + sedih.
Aku langsung terdiam lalu menangis. Gak tau musti gmna. Selain berdo’a. dan berharap apa yang terbaek buat Fina…smoga kamu cepet sembuh,sayang . .
Hari ini aku dan beberapa oaring teman skelasku mau njenguk Fina(lagi).
“Hai Fin…”sapaku riang, (berbohong banyak tentang ketakutanku tentang keadaannya).
“wew.rame banget! Kayak mau pawai aja..hhehhe”jawabnya sambil tertawa.
Jujur. Aku senang mlihatnya seperti ini.
Tuhan,sembuhkanlah dia . . . agar ku tetap bisa mlihat snyum tulus darii bibirnya
Agar ku bisa tetap mendengarnya tertawa…
Kamipun mengobrol ngalor ngidul. Pkoknya membicarakan apasaja yang bisa dibicarakan.
“gmana keadaan mu?” tanya seorang temanku. “sperti yang kamu lihat. Tumor gak bisa bikin aku berhenti tertawa waktu lihat extravaganza. Tumor gak bisa bikin bunga mawar jadi bau duren. Tumor gak bisa bikin aku gak suka lagi sama hello kitty
Dan Tumor gak bisa bikin aku berhenti bersyukur..”jawabnya sambil tersenyum sangat tulus … di jadi terlihat cantik sekali . . .
Kami semua pun terdiam..
Dan aku bertanya lagi..”kemana mbak Laras?kok ranjangnya kosong?”
“mbak Laras meninggal 2 hari yang lalu…”jawabnya lesu (lagi)
“innalillahi….”jawab kami semua kompak.
Aku jadi tambah takut..teringat ucapan ibuku waktu itu…
“Fin udah sore nih kita pulang dulu ya..cepet sembuh..” ucap Ayu.
“pamit dulu ya Fin..”tambahku…
“hmm iya..makasih semuanya…”jawab Fina
Liburan semesterpun tiba. Aku menghabiskan waktu liburanku dii rumah tanteku,di luar kota.
Aku jadi inget Fina, udah sebulan aku belum njenguk dia lagi,..
“icha……….”ayahku memanggil. Mukanya serius.
“ada apa yah?” tanyaku bingung.
“Fina udah gak ada seminggu yang lalu. In isms dari mamanya Fina…” jawab ayahKu paraw sambil memberika hapenya kepadaku.
BLAARRRRRRR……….
Ada panah yang menancap di otak dan jantungku.
“yah, besok kita pulang” ujarku singkat. .
“mungkin Tuhan punya maksud lain, kawan. Kita cuma bisa berencana dan bermimpi. Semoga kamu diterima disinya dan dijadikan salah satu bidadari pengisi surga. Aku disini tetep berdo’a buat kamu. Yang jelas, aku gak akan nglupain kamu..
Kita pasti gak akan ketemu di SMP3 tapi aku yakin, kita pasti bisa ketemu di surga,nanti …
tunggu aku disana..
Sisakan tempat yang istimewa di sebelahmu..=) “
Rintihku di iringi dengan air mata yang tulus dari jantung hati darii nurani ku, di atas pusara Almarhumah Alfina.
Wafat : 22 Januari 2005

#TAMAT#






0 komentar:

Posting Komentar